Search :
Tubiyono
Club Bahasa Indonesia

Kuasai Teknik Komunikasi Dengan Pasangan

 

Tips- Sering mengalami konflik dengan pasangan? Jangan-jangan cara Anda berkomunikasi belum tepat.. Komunikasi bukan hanya sekedar bicara begitu saja, tapi ada tekniknyalhodan menguasai teknik komunikasi sangat besar manfaatnya untuk menghadapi pasangan ataupun orang lain di sekitar kita.

Berkomunikasi yang tepat dapat dipelajari dengan cara menguasai empat tahapan berikut:


1. Tekanan dan Ekspresi
Modal berkomunikasi adalah suara. Dengan suara yang berintonasi baik, jelas, dinamis, bertempo yang tepat, dan dijeda dengan baik, Anda dapat mengutarakan maksud atau ide dengan efektif. Selain itu latihlah ekspresi untuk menunjang komunikasi verbal.

2. Kekuatan kata-kata
Akan lebih baik kalau Anda sendiri merasa nyaman dengan kata-kata yang diucapkan. Rasa percaya yang Anda ungkapkan lewat kata-kata yang maknanya kuat bagi diri sendiri, akan mudah ditangkap oleh lawan bicara. Kuasailah elemen-elemen dasar dalam berbahasa.

3. Percakapan
Keahlian berkomunikasi dapat ditunjukkan dengan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh lawan bicara. Konsep-konsep yang penting dan berbobot dapat diungkapkan dengan kata-kata yang sederhana. Di sinilah keindahan dari kesederhanaan dapat dipancarkan.

4. Pendengar yang Aktif
Dengarkan apa yang diungkapkan lawan bicara dengan baik dan tampilkan ekspresi bahwa Anda benar-benar tertarik.

 

Anda juga harus mengetahui, kapan waktunya harus berbicara, kapan mesti diam untuk mendengarkan dan kapan waktunya Anda harus menyela percakapan. Semuanya ini dapat diraih bila Anda memberikan perhatian yang cukup, bersikap sensitive dan menunjukkan rasa simpati. (Berbagai Sumber - Ilustrasi Ist)

 

Profile

Buku

Buku "Struktur Semantis Verba dan Aplikasinya pada Struktur Kalimat dalam Bahasa Jawa" merupakan hasi penelitian dari tim Bapak Tubiyono dkk yang mencoba mengklasifikasikan secara sistematis verba-verba bahasa Jawa berdasarkan ciri-ciri atau struktur semantiknya.