Search :
Tubiyono
Club Bahasa Indonesia

LATIHAN PENYUNTINGAN 5

Berikut ini disampaikan hasil liputan dari seorang reporter. Diksi, ejaan, dan struktur kalimat yang dipakai sengaja belum diedit. Tugas Anda adalah mengedit materi berita tersebut sehingga paling tidak sudah masuk kategori layak untuk dibaca.

JOB FAIR UNAIR BOMBASTIS

 
Mahasiswa unair yang telah diwisuda pada bulan april 2011 mencapai kurang lebih 1900 mahasiswa. Semua wisudawan tentunya ketika ditanya mengenai kegiatan setelah lulus dari unair adalah bekerja. Sebagai universitas yang kompeten maka unair pun tentunya akan merasa lebih bangga jika lulusan dari unair ini mampu menjadi pegawai ataupun enterpreneurship yang baik.

Oleh sebab itu unair mengadakan job fair yang diselenggarakn oleh PPKK (Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan). Tujuan utamanya supaya setiap mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate bisa langsung mencari lapangan pekerjaan untuk membentuk pengalaman kerja mahasiswa. Job Fair unair ke – 16 ini mengundang banyak antusias mahasiswa, baik dari dalam maupun luar unair. Bahkan diperkirakan hampir 3000 pengunjung tiap hari datang ke job fair yang diselenggarakan selama 3 hari mulai hari kamis-sabtu tanggal 14-16 April 2011 bertempat di Auditorium kampus C Unair. Pengunjung job fair ini ada juga yang datang dari luar pulau Jawa. Melihat banyaknya pengunjung yang datang tidak sebanding dengan jumlah perusahaan yang ikut serta dalam job fair itu. Pertanyaannya adalah mampukah semua perusahaan itu menampung semua lulusan yang datang ke job fair? Tentu tidak, oleh karena itu persaingan untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin ketat saja. Total perusahaan yang ikut job fair dan memasang stan ada 52 perusahaan, sedangkan 9 perusahaan lainnya memilih tidak ikut memasang stan. Tetapi hanya menempelkan lowongan pekerjaan pada papan pengumunan yang sudah disediakan oleh panitia. Beberapa perusahaan yang ikut Job Fair Unair adalah BANK BCA, BANK MANDIRI, ANTV, PT. ARTA BOGA, PT. SEMEN PADANG dan masih banyak lagi. Meskipun sudah banyak perusahaan yang biasanya mengikuti job fair unair, tahun ini jika diprosentase ada 25% perusahaan yang baru mengikuti job fair untuk pertama kalinya, seperti ANTV dan PERTAMINA.
 
Berdasarkan keterangan dari ketua panitia yaitu Bapak Tubyono, ternyata job fair bulan April ini merupakan job fair paling sukses dari tahun-tahun sebelumnya. Ketika ditanya soal rumus sukses dalam mengadakan job fair, beliau menjawab “Melalui link dengan alumni, hubungan yang baik dengan mitra kerja yang selama ini sudah bekerjasam dengan unair dan perencanaan serta sosialisai yang baik sehingga job fair ini dapat berjalan dengan lancar”. Hal ini juga dibetulkan oleh salah satu pendapat seorang pengunjung job fair yang berasal dari lulusan FEB mengatakan “job fair kali ini bagus dan bervariasi, kita bisa memilih perusahaan yang kita minati. Persiapannya juga cukup bagus rasanya”.Banyak cerita dari job fair ini, salah satunya Bapak Wahyu Dody selaku staff dari pertamina sekaligus alumni psikologi unair”00 ini mengemukakan bahwa “ pertamina membuka sistem pendaftaran baru, untuk para calon pekerja yaitu dengan sistem online”. Jadi dengan sistem baru yang ditawarkan oleh pertamina mahasiswa tidak perlu antri dan berdesak-desakkan ketika melamar. Tujuan petamina mengikuti job fair unair sendiri yang terutama mencari pekerja baik fresh graduate ataupunyang sudah pernah bekerja, selain itu juga ingin membangun brand pertamina di unair. Stan perusahaan yang paling banyak dikunjungi adalah PT.Semen Padang, hampir semua form yang ada tiap hari habis diserbu oleh pelamar pekerjaan. Sebenarnya di unair sendiri selain membuka job fair untuk para lulusan disini juga disedikan wadah bagi mahasiswa dan alumni untuk berwirausaha melalui PPKK (Pusat pembinaan Karir dan Kewirausahaan). Panitia Job Fair juga menyediakan space di podium bagi perusahaan-perusahaan yang mau mempresentasikan perusahaannya supaya dikenal oleh pengunjung. Jadi lengkap sudah acara job Fair ini, ada update perusahaan baru serta fasilitas yang cukup nyaman. Job Unair kali ini memang cukup besar terbukti dengan 9 nama sponsor yang mau mensponsorinya. Acara job fair unair yang biasanya diselenggarakan tiap tahun sekali, maka di tahun 2011 akan diakan dua kali, untuk job fair kedua nanti akan diselenggarakan pada bulan november 2011. Disarankan untuk para fresh graduate mengikuti job fair ini apabila ingin mencari pekerjaan karena rata-rata dari perusahaan yang ikut job fair unair memang mencari fresh graduate. Tapi bukan berarti yang sudah pernah bekerja tidak boleh datang, job fair ini bebas untuk kalangan umum juga. Semoga job fair bulan november juga bisa lebh baik lagi. Asalkan siap bersaing saja. Intinya jika lulus dari unair, unair pun siap dengan perusahaan-perusahaan yang mau menampung lulusan dari Unair. Sehingga sebagai mahasiswa tidak perlu khawatir soal pekerjaan. Tetapi alangkah lebih baiknya jika setelah lulus bisa menjadi seorang entrepreneurship. Jadi tidak selalu tergantung pada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan namun mampu membuka lapangan pekerjaan. Semua itu bisa didapat melalui konsultasi dengan PPKK Unair.

(oleh: mamik wijayanti).

Selamat Datang

Situs  ini dibuat secara khusus untuk Anda, sebagai tempat untuk menemukan acuan dalam mencapai keberhasilan karir, bisnis dan kehidupan.
Anda, selalu menggunakan cara terbaik untuk tumbuh, untuk menjadi lebih besar dari diri Anda sekarang, untuk hidup dalam kesesuaian yang harmonis dengan alam, dan menjadi pencemerlang bagi kehidupan sesama.

Buku

Buku "Struktur Semantis Verba dan Aplikasinya pada Struktur Kalimat dalam Bahasa Jawa" merupakan hasi penelitian dari tim Bapak Tubiyono dkk yang mencoba mengklasifikasikan secara sistematis verba-verba bahasa Jawa berdasarkan ciri-ciri atau struktur semantiknya.