Surabaya — Perhelatan sepak bola Piala Asia U23 telah usai. Ada catatan menarik dalam perhelatan tersebut yaitu terkait “wasit”.  Kata “wasit” dalam sepak bola menjadi sangat popular apalagi dikaitkan dengan nama Nasrullo Kabirov asal Tajikistan dan Shen Yinhao asal China. Wasit Nasrullo Kabirov memimpin pertandingan pembuka, Indonesia vs Qatar, pada Piala Asia U23 , 15/4/24, di Stadion Jassim bin Hamad, Qatar. Sedangkan wasit Shen Yinhao asal China, memimpin pertandingan Indonesia vs Uzbekistan, pada laga semifinal Piala Asia U23, 24/4/24, di  Stadion AbdulLah bin Khalifa, Doha, Qatar.
Kedua wasit tersebut mendapat kecaman dari netizen tanah air karena keputusan-keputusan kontroversialnya selama memimpin pertandingan. Keputusan wasit dianggap kontroversial oleh netizen sebab tidak adil, berat sebelah, dan menguntungkan salah satu pihak yang bertanding.
“Wasit” secara linguistik berasal dari akar kata bahasa Arab /w-s-th/ yang berarti ‘tengah’, ‘adil’, atau ‘terbaik’. Secara istilah, “wasit” bermakna profesi seseorang yang menengahi permainan (sepak bola) yang diharapkan berlaku adil dan memutuskan terbaik bagi para pihak yang bertanding (Lukman Hakim Saifuddin, 2024:80-81). Dalam sepak bola modern, wasit tidak hanya dibantu asisten wasit di pinggir lapangan, tetapi juga dibantu teknologi “video assistant referee (VAR)”. Dari segi penonton, sepak bola tidak hanya dinikmati langsung di dalam stadion, tetapi bisa dinikmati di luar stadion bahkan bisa disaksikan secara “live” lintas negara di layar kaca.
Sepak bola merupakan salah satu permainan rakyat yang menghibur untuk mengisi waktu luang dengan adu ketrampilan dan strategi.  Awalnya, dalam permainan rakyat tidak ada wasit sebagai pengadil. Wasitnya adalah para pemain itu sendiri. Dalam perkembangan mutakhir, kini sepak bola berubah menjadi sebuah industri dan para pemain berubah menjadi pemain profesional. Tidak hanya sebagai industri sepak bola untuk kepentingan bisnis, tetapi juga diwarnai kepentingan sosial politik.
Dalam sepak bola modern eksistensi wasit, pemain, penyelenggara semakin penting ketika terjadi kompetisi pertandingan. Ketika kompetisi pertandingan peran dan fungsi wasit semakin dibutuhkan, maka sangat mungkin muncul godaan, baik godaan ekonomi maupun godaan politik. Oleh karena itu, peran dan fungsi wasit berintegritas sangat dibutuhkan dalam pertandingan sepak bola.
Sebenarnya, apa fungsi wasit dalam laga sepak bola? Fungsi wasit dalam pertandingan sepak bola antara lain: (1) memimpin selama pertandingan berlangsung, (2) menentukan adanya pelanggaran atau tidak, (3) menjaga disiplin para pemain dan pelatih, (4) menghitung waktu memulai dan waktu mengkhiri pertandingan , dan (5) memutus gol dan skor. (Tubiyono, 24/5/24)